Senin, 15 September 2008

AMD Phenom, ready to fight Intel

Rupanya tingkah laku Intel yang terus membombardir pasar processor dengan produk dual core mereka kini mendapat tanggapan serius dari AMD. Tahun lalu AMD memang melaju lebih dulu dengan AMD X2 mereka untuk mulai berjalan di pasar dual core. Tetapi setelah Intel keluar dengan varian dual core berseri Core 2 Duo, pasar processor langsung jatuh ke tangan Intel.

AMD siap untuk menelurkan varian prosesor baru yang akan mengganti seri Athlon milik mereka. Memang sudah hampir pasti bahwa seri Athlon mereka akan segerea diganti dengan processor-processor baru bernama Phenom. Produk-produk baru ini rencananya akan dipasarkan mulai pertengahan tahun ini.

AMD Phenom akan memiliki sederetan processor yang memiliki kode nama Agena, Agena FX, dan Kuma. Seri kode Agena dan Agena FX akan memiliki processor berinti empat, alias quad core. Sedangkan untuk seri kode Kuma akan memiliki processor berinti dua, atau dual core.

Semua processor baru ini akan bekerja di kisaran 2.2 hingga 2.8 GHz dan memiliki kecepatan bus mencapai 4.2GHz. Processor-processor baru ini akan kompatibel dengan slot AM2 yang kini sudah marak beredar di pasaran. Dan tentunya nanti akan diharapkan untuk menjadi lawan yang seimbang bagi Intel Core 2 Duo maupun Intel Core 2 Quad. AMD Phenom juga memiliki versi ekstrem yang disebut Phenom FX.

Sekarang kita tunggu saja keluarnya processor-processor baru AMD ini dan menyimak baik-baik perang klasik antara dua kubu penghasil processor ini. Saya pribadi lebih menjagokan AMD.

Tidak ada komentar: